Wednesday 7 May 2008

Jangan Takut Gagal

Selama ini banyak orang memandang kegagalan dari segi negatifnya saja. Kegagalan hanya diartikan sebagai sesuatu yang mengecewakan, menyedihkan. Akibatnya ketika mengalami kegagalan orang menjadi tidak mau bangkit lagi dari kegagalan karena takut kalau perasaannya akan menjadi semakin terluka kalau mencoba bangkit lagi namun tetap gagal.

Kesuksesan adalah sesuatu yang selalu menjadi dambaan setiap orang. Namun kesuksesan adalah suatu hal yang tidak mudah untuk diraih. Agar dapat menggapai kesuksesan ada sederetan proses panjang yang harus menggapai kesuksesan ada sederetan proses panjang yang harus dijalani.

Ada banyak hal yang perlu dilakukan dalam usaha mencapai keberhasilan, misalnya, orang tersebut harus bekerja keras, sabar, jujur, ulet, tekun, ikhlas. Di samping itu, selain berusaha hal yang tak kalah dan paling penting untuk senantiasa dilakukan adalah berdoa kepada Tuhan.

Hanya sekedar berusaha saja tidak cukup untuk dapat menjadikan kita sukses. Tiada orang yang tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Apakah nasib akan membawa kita pada sederetan peluang atau kemalangan. Hanya kuasa Tuhan yang mampu membuka jalan bagi manusia supaya mempunyai peluang untuk berusaha. Karena itu, kita perlu senantiasa berdoa memohon rahmat dan tuntunan-Nya.

Berani Gagal

Tetapi lepas dari pada serangkaian faktor penentu kesuksesan yang sudah tersebut di atas, ada satu hal lagi faktor penentu kesuksesan yang mendasar yang harus dapat dilewati oleh setiap orang agar dapat berhasil. Untuk dapat menuju ke puncak sukses, terlebih dulu seseorang harus memiliki jiwa “berani gagal”.

Karena kesuksesan itu merupakan hasil dari serentetan kegagalan-kegagalan yang berhasil untuk kita lewati dan perbaiki. Keberhasilan itu tercipta dari keberanian kita untuk mau bangkit dari setiap kegagalan demi kegagalan yang kita alami. Dengan demikian dapat dikatakan kesuksesan itu terbangun mana kala kita bias melawan rasa takut gagal yang ada dalam diri kita dengan bangkit kembali dari kegagalan dan mau untuk memperbaiki kegagalan itu sehingga akhirnya kita dapat menggapai kesuksesan.

Tanpa memiliki sikap mental berani gagal maka kita tidak pernah dapat sukses. Sebab ketika berhenti berjuang untuk dapat menggapai kesuksesan. Hal itu dilatarbelakangi karena rasa ketakutan yang bersarang dalam diri kita kalau-kalau orang yang sudah mengalami kegagalan tetap mengalami kegagalan. Sehingga perasaannya menjadi semakin sakit dan kecewa.

Merubah Sudut Pandang

Memang rasa sakit hati dan kecewa sangat mungkin untuk kita alami ketika kita harus menghadapi kegagalan. Teapi agar kita memiliki sikap mental berani gagal dan tidak terus menerus larut dalam kesedihan kalau nantinya hasil yang kita capai dalam usaha menggapai kesuksesan belum maksimal, kita harus mulai belajar untuk merubah sudut pandang kita tentang kegagalan.

Bahwa kegagalan adalah sesuatu yang wajar terjadi dalam usaha menggapai kesuksesan. Sebab kesuksesan itu merupakan hasil dari kumpulan-kumpulan kegagalan yang berhasil kita pecahkan. Jadi “tiada kesuksesan tanpa kegagalan”. Kalau kita bias dan biasa berpikir demikian, maka kita akan selalu berani bangun dari kegagalan.

Karena dalam pikiran kita, kita tidak menganggap kegagalan itu sebagai sesuatu yang mengecewakan, memalukan, menyakitkan, melainkan kita berpikir bahwa kegagalan itu sebagai salah satu bagian atau terpenting yang harus kita hadapi agar kita bisa mencapai kesuksesan yang optimal.

Manfaat Kegagalan

Sekarang pertanyaannya, mengapa orang harus mengalami banyak kegagalan-kegagalan sebelum dapat menuju ke puncak sukses ? Mengapa tidak ada seorangpun yang bias meraih kesuksesan dalam sekejap dalam arti cukup sekali berusaha langsung berhasil ?

Sebenarnya tujuan dari kegagalan adalah memberikan kita kesempatan untuk bias ‘belajar’ dari proses kegagalan itu sendiri. Belajar menyadari bahwa tidak ada sesuatu apapun yang bisa kita peroleh secara instant. Untuk bisa meraih berbagai kesuksesan, kita perlu berjuang keras agar bisa mendapatkannya. Melalui kegagalan kita menjadi disadarkan akan betapa berharganya arti dari sebuah perjuangan dalam usaha menggapai keberhasilan.

Karena hanya perjuangan yang mampu membawa kita kepada puncak sukses. Lain daripada itu, yang tak kalah penting, saat kita berhasil berjuang melawan setiap kegagalan yang menerpa langkah kita agar bisa sukses, kita akan dapat merasakan kepuasan hati yang luar biasa yang tak dapat terlukiskan dengan kata-kata.

Namun berbeda halnya seandainya setiap orang bisa meraih sukses dalam sekejap. Setiap orang akan menjadi sombong sebab masing-masing pribadi merasa mampu meraih sukses dengan mudah dan cepat.

Kesuksesan yang diraih dengan mudah tanpa kegagalan justru menjadikan orang tidak mampu merasakan nilai-nilai yang terkandung dari hasil perjuangan seperti kerja keras, kesabaran, rendah hati, keuletan, ketekunan.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tiap-tiap orang yang berhasil mencapai kesuksesan secara cepat tidak akan mengalami proses pembentukan karakter yang baik dimana hal itu hanya bisa diperoleh oleh tiap pribadi lewat proses perjuangan dan merasakan kegagalan.

Di samping itu, sisi negative lain yang dapat terjadi apabila setiap orang mampu mencapai kesuksesan secara instant, dikarenakan masing-masing pribadi tidak perlu berjuang untuk bisa menggapai kesuksesan, setiap pribadi tidak akan pernah dapat merasakan kepuasan atau kebanggaan yang menakjubkan ketika mereka berhasil mencapai sebuah kesuksesan. Sebab kesuksesan itu bisa mereka peroleh dengan mudah dan dalam waktu yang relative sangat singat bak membalikkan telapak tangan.

Karena itu, setiap dari anda harus memiliki mental untuk berani gagal supaya dapat menuai keberhasilan demi keberhasilan yang gemilang. Dan keberanian itu muncul ketika anda mampu untuk merubah sudut pandang anda tentang kegagalan. Pandanglah kegagalan sebagai pintu jalan dalam usaha menggapai kesuksesan bukan sebagai pintu penghalang kesuksesan.

Dengan mau melihat faedah dari pada kegagalan itu sendiri maka niscaya ana akan memilik keberanian untuk bangkit dan mengatasi kegagalan di saat anda harus menghadapi kegagalan dalam usaha menggapai kesuksesan. Sehingga bintang kesuksesan akan semakin dekat di depan mata anda. Dan melihat suatu ketika saat hasil perjuangan anda untuk belajar dari kegagalan mencapai titik maksimal anda pasti dapat menggapai kesuksesa. Selamat mencoba ! Sukses untuk anda semua !

* Sudah pernah dimuat di majalah Psikologi Plus

No comments: