Wednesday 7 May 2008

Memerangi Rasa Takut


Sejak dilahirkan manusia tak pernah tahu apa yang akan terjadi pada dirinya di kemudian hari secara jelas dan pasti apakah akan sehat-sakit, sukses-gagal, kaya-miskin. Hal itulah yang menyebabkan manusia menjadi dihantui oleh rasa takut.

Kita yang terlahir sebagai manusia tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita satu jam lagi, esok, lusa, atau berberapa tahun kemudian. Apakah suatu hari kita akan berumur panjang-pendek, berhasil-gagal, kaya-miskin, kita tak akan pernah tahu jawabannya secara pasti dan jelas sebelum waktunya tiba. Kita baru akan tahu jawabannya setelah kita menjalani proses perjalanan hidup yang panjang yang akan membawa kita dapat menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu. Karena itulah, dalam diri manusia kerap timbul rasa takut. Takut kalau-kalau suatu hari tidak berumur panjang, sakit-sakitan, miskin, gagal merengkuh kesuksesan dan masih banyak lagi hal negatif lain yang akan dan dapat terjadi dalam diri kita yang akan membuat hati ini merasa takut.

Ketakutan Menjadi Penghambat

Hanya saja, persoalannya, mampukah kita mengontrol rasa takut yang ada dalam diri kita agar tidak berlebihan ? Tak jarang rasa takut yang berlebihan justru akan menghambat kita dalam menggapai motivasi (tujuan) yang hendak kita raih. Ketakutan akan kegagalan di hari esok akan membuat kita sulit untuk bergerak melangkah maju dalam usaha mencapai keberhasilan. Karena rasa takut yang berlebihan membuat kita tak memiliki keberanian untuk bertindak mencoba berusaha menggapai keberhasilan yang ingin kita rengkuh.
Sebab itu agar manusia dapat berhasil mencapai motivasi rasa takut berlebihan, yang membayangi manusia harus diperkecil diminimalisir, atau bahkan kalau bias dihilangkan, sehingga jalan untuk menuju sukses menjadi semakin nyata dan dekat di depan mata. Pertanyaannya, apa yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir atau menghilangkan rasa takut yang berlebihan ? Anda hanya perlu melakukan 5 hal di bawah ini.

Doa

Manakala rasa takut yang ada dalam diri kita tak mampu kita kendalikan dan atasi lagi, maka salah satu cara yang ampuh untuk dapat memperkecil atau bahkan menghilangkan rasa takut adalah dengan berdoa kepada Tuhan. Mohon rahmat-Nya agar beban rasa takut yang terus menerus membayangi perasaan hati kita hilang. Sehingga niscaya saat dan sesudah berdoa hati kita akan lega, tak lagi dihantui oleh rasa takut. Semua itu mungkin terjadi asalkan kita mau percaya bahwa Tuhan yang hidup dalam hati anda, yang anda sembah sesuai dengan agama serta keyakinan anda pribadi itu sungguh berkuasa, mampu mengubahkan hati yang penuh dengan rasa takut menjadi keberanian, kelegaan dan ketenangan. Maka niscaya pastilah doa yang anda panjatkan akan terkabul karena anda berdoa dengan iman atau keyakinan.

Usaha

Kesuksesan tak mungkin dapat tercapai jika pikiran kita terus terfokus pada rasa takut akan kegagalan. Rasa takut gagal yang berlebihan malahan akan menjadikan kita manusia pengecut, tak punya keberanian untuk mencoba melangkah maju menapak masa depan yang gemilang penuh dengan harapan. Sebab itu, kita harus terus berusaha agar pikiran bukan terfokus ke rasa takut melainkan pada usaha mencari dan menerapkan solusi atau jalan keluar guna memerangi rasa takut dan mengatasi kegagalan-kegagalan. Sebab dengan berusaha kita akan senantiasa mempunyai harapan untuk berhasil di kemudian hari.

Terus Mencoba

Siapa sih manusia di dunia ini yang tidak ingin sukses ? Pasti tidak ada. Semua ingin berhasil menggapai cita-cita. Hanya saja perlu disadari bahwa untuk dapat menggapai suatu keberhasilan diperlukan sebuah perjuangan yang panjang dan tak mudah untuk dilalui. Kesuksesan tak dapat dicapai dengan instant. Sehingga ketika kita belum mampu untuk melalui proses perjuangan guna menggapai keberhasilan, jangan lantas kita menjadi ‘takut’ untuk bangkit lagi memperjuangkan keberhasilan yang belum tercapai itu, tapi justru kita harus pantang berputus asa, berjuang sampai kita dapat menggapai keberhasilan yang kita inginkan. Jika satu kali, dua kali, tiga kali, sepuluh kali ….. kita belum berhasil, maka jangan pernah menyerah, teruslah mencoba hingga berhasil, sebab jika kita tidak pernah menyerah maka sesungguhnya kita tak pernah terkalahkan oleh siapapun dan apapun juga. Dan lihat suatu waktu entah kapan ketika perjuangan maksimal, kita pasti bisa berhasil.

Ikhlas

Kegagalan memang sesuatu yang tak mengenakkan untuk dialami dan dirasakan. Lalu karena tak sanggup menahan rasa kecewa yang ada di hati, akhirnya membuat kita tak mau bangkit lagi mengatasi kegagalan itu, karena takut menghadapi rasa kecewa yang lebih dalam dan menyakitkan jikalau saat mencoba lagi ternyata hasilnya tidak maksimal, tetap gagal … gagal … dan … gagal. Karena itu, supaya tidak mengalami kekecewaan yang begitu mendalam, hendaknya hati kita sudi untuk mengikhlaskan semua kegagalan yang menimpa diri kita. Mengingat bahwa kegagalan itu adalah sesuatu yang wajar terjadi dalam kehidupan yang menimpa diri kita. Mengingat bahwa kegagalan itu adalah sesuatu yang wajar terjadi dalam kehiduan semua orang yang ingin meraih kesuksesan. Dengan kita mau mengiklaskan setiap kegagalan maka kita tidak akan merasa terbebani, manakala kita harus diperhadapkan pada kegagalan-kegagalan yang ada di depan mata dalam usaha mencapai keberhasilan. Kegagalan seharusnya bukanlah sesuatu yang menyakitkan melainkan sebagai jalan agar kita dapat melakukan penyempurnaan diri dengan jalan melakukan refleksi mengapa kita gagal dan apa yang harus kita perbuat agar kegagalan itu tak sampai terjadi lagi. Sehingga kita dapat menuju kepada tingkat kesuksesan yang lebih tinggi lagi.

Olahraga

Ketakutan secara berlebihan, yang ada dan timbul dalam diri manusia seringkali menyebabkan ketenangan, ketentraman, dan kedamaian semakin berkurang atau bahkan mungkin menghilang. Akibatnya pikiran manusia menjadi stress. Karena itu agar rasa stress menjadi berkurang ada baiknya jika kita rutin berolahraga secara teratur seperti jalan cepat, lari atau bersepeda, agar supaya otot-otot pikiran yang tegang dapat disegarkan oleh hembusan udara pagi yang segar. Selain itu, manfaat lain yang dapat dirasakan adalah kesehatan tubuh akan menjadi lebih prima.

Lima hal di atas hanya merupakan sebagian kecil dari sebuah proses panjang meminimalkan atau bahkan menghilangkan rasa takut dalam diri, supaya langkah anda dalam menggapai kesuksesan menjadi semakin lancar. Tak peduli siapapun anda asalkan anda mau melakuan lima hal di atas dengan tulus hati, maka jalan anda untuk dapat memiliki keberanian dan menggapai kesuksesan semakin terbuka lebar.
Selamat mencoba ! Sukses untuk anda !

* Sudah pernah dimuat di majalah Psikologi Plus

1 comment:

aindradi said...

proficiat atas upaya-upayamu
untuk selalu menggali nilai tambah
dalam dirimu
sekaligus sebuah upaya untuk bermanfaat bagi orang lain.
sekali lagi,
proficiat buat Febe.
Sukses selalu
dan...
tetap semangat!